Wednesday, March 18, 2015

Trigonometri

Markus 4:1-20
Ayat 20: 
"Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang MENDENGAR dan MENYAMBUT firman itu lalu BERBUAH, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat."

Anak sekolah sekarang tentu ga asing sama judul renungan ini. Sebagian kita beranggapan itu istilah alien, sesuatu yang susah, mmm ngomongin yang lain ajalah. 

Di SMA ak kenalan sama trigonometri. Di kuliah awal belajar itu lagi. Selang beberapa tahun tidak berjumpa, kemarin aku sempat buka buku kuliah tentang trigonometri untuk animasi. 

Sebelum membaca aku juga sempat berpikir, apa ya otakku masih connect mikir matematika kayak gini. Terus setelah baca beberapa halaman aku mulai tertarik. Dengan 1 rumus arc tangen, penulisnya bisa bikin animasi sebuah gambar anak panah yang muter ngikutin mouse. 
Setelah aku coba, ternyata benar, bisa lho! 😁😁😁
Setelah itu konsep yg tdnya serem itu jadi melekat di otak. "Ooh gituuuu" 

Hal yang ak pelajari adalah sering kali suatu ilmu pengetahuan itu hanya berhenti sampai di konsep dan tidak sampai ke praktek nyata. Dan itu membuat pengetahuan itu akhirnya lenyap. Terlupakan. 

Sama halnya kayak firman Tuhan. Tiap sabtu atau minggu ke greja. Senin atau selasa bisa jadi ikut nitaskana. Rabu mungkin ikut PDU. Kamis ikut PA. Jumat ikut persekutuan pemuda / persekutuan doa remaja. Tiap hari baca firman. 

Ketika firman Tuhan tidak direfleksikan sungguh2, tidak sampai ke komitmen konkrit dalam hidup kita, sering kali firman itu lenyap. Sama kayak benih yang dimakan burung, atau terhimpit semak dll. 
Jangankan seminggu, kadang aku mengalami sendiri, firman Tuhan hari kemarin apa bunyinya aja udh lupa. 😭

So, 
Mari jadi refleksi bersama.
Setiap firman Tuhan yang kita dengar, ayo kita cari hal konkrit yg bisa kita lakukan dalam 1 hari itu. Kemudian, kita lakukan. 😁😁😁

Mari kita tidak hanya tumbuh sekedarnya, tetapi berbuah banyak :) 

Selamat hari kamis. 
Tuhan memberkati. 

No comments:

Post a Comment