Saturday, January 10, 2015

Creating ‘Falling in Love’

Bacaan Alkitab : Roma 10 : 14 -21

          Eh eh, buatku ya firman di ibadah remaja beberapa minggu lalu ngena banget nih.. gimana buat temen2? Jadi kemarin minggu itu temanya Beriman vs Beragama. Intinya mengingatkan kita bahwa Tuhan gak suka (jijik, muak!) dengan ritual-ritual ibadah (entah itu nyanyi, doa, kotbah, persembahan) kita jika dikerjakan dengan tidak tulus, ada udang dibalik bakwan (kata pak Welly Chan lhoo!), hanya demi status. Pokoke kalo tanpa cinta Tuhan gak suka. Ibaratnya seorang gadis (sebut saja Verin :P) yang dibribik cowok yg gk bener2 cinta sama dia. Ugghhh huek banget.. Jadi biarlah relasimu dengan Tuhan itu atas dasar cinta yang tulus dan sungguh-sungguh
          Tapi kemudian satu pertanyaan yang nggantung buat ku kemarin adalah “kalau aku sekarang memang TIDAK CINTA Tuhan so what should I do??” Oke mari diperjelas: Cinta itu gak bisa dipaksakan kan ya? Kalo lu pacaran palsu (tanpa cinta) trus pacar lu nyadar trus bilang “eh kalo pacaran ma gw tapi lu gak cinta mending stop deh ngapel, stop candle light dinner, stop smua!!” maka itu gak serta merta bikin lu jadi cinta tulus ke dia kan? Betul gak? hmmmm. Karna Tuhan gak suka yang pura2, karna memang aku ke greja ibadah gak niat tulus (cm disuruh maybe) maka mending aku gak usah ke greja ae?? Betul??? Lha wong piye.. cinta kan gak bisa dipaksakan lhooo. Bener bener?? duh Gusti semoga ibadah remaja / persekutuan pemuda this week tetep penuh yaa (>.<)9.
           Jawabannya adalah YES and NO. YES, kalo sekarang kamu sadar kamu gak beribadah secara tulus cinta ma Tuhan ya berhenti lakukan itu!! Lebih tepatnya berhenti pura-pura melakukan itu atas dasar cinta!! Jujur saja ke Tuhan, “duh Tuhan, aku kalo nyanyi masih asal nyanyi, hambar aja. Kayaknya ku lum cinta Kamu deh.”, “Tuhan aku ke greja ini cuma karna disuruh mami papi nih”.
          NO!! Tidak (belum) mencintai Tuhan bukan berarti berhenti nyoba mengenali Tuhan.. Gaya pernikahan jaman jadul memberi gambaran yang menarik disini. Dulu orang nikah dijodohin gitu aja, kadang kala bisa demi alasan duit, status, politik – kekuasaan – aliansi dua negara (halah kakehan nonton film medieval2!).. Sebagian pernikahan itu akhirnya hambar tanpa cinta, tapi sebagian lagi tumbuh menjadi relasi yang tulus dan penuh cinta. Kenapa? Karna keduanya berusaha mengenal satu sama lain dan akhirnya jatuh cinta beneran. Setiap kita itu kristen, most of us Kristen sejak kecil (lha piye to wis dibaptis ortu di greja je..), itu fakta. Pakailah itu untuk mencoba mengenal Kristus. Jangan berhenti bernyanyi, jangan berhenti berdoa, jangan berhenti dengar/baca Alkitab. Karna dari situ kamu bisa mengenal dan menemukan Tuhan, perlahan-lahan jatuh cinta kepada-Nya..
          Akhir kata, minta tolonglah kepada Tuhan untuk membantumu mencintai Dia, “Tuhan, aku pengen mencintai-Mu, bantu aku untuk jatuh cinta kepadaMu.” Ahh aku jadi ingat sebuah lagu lama dari Hillsong ini ............

“Open the eyes of my heart Lord, open the eyes of my heart,

I want to see You, I want to see You ...”

No comments:

Post a Comment